Kamis, 11 Juli 2013

Masjid Agung Sukabumi

Mengintip Bagian Dalam Masjid Agung Sukabumi

Sore itu, 1 Juni 2013, entah kenapa saya penasaran pengen motret-motret di kisaran Masjid Agung Sukabumi yang sedang direnovasi. Mungkin karena beberapa saat sebelumnya saya membaca sedikit pembahasan tentang masjid agung ini di group facebook “Sukabumi Facebook”.
Sebelumnya saya juga sempat membaca salah satu artikel di media online yang menyebutkan bahwa target pembangunan masjid ini selesai di awal Mei 2013, dan gak tau kenapa bisa molor dari target tersebut. Berikut link artikel nya http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-barat-nasional/13/04/15/mlajwz-pembangunan-masjid-agung-kota-sukabumi-rampung-mei
Niat awal saya adalah kembali memotret masjid ini saat blue hour, seperti yang pernah saya lakukan beberapa waktu lalu. Saat sampai di kisaran taman di halaman depan masjid agung, saya coba cari posisi. Begitu tripod tertancap dan siap untuk memotret, tiba-tiba datang anak-anak ABG dari komunitas Suffle yang berkumpul untuk bersuffle ria tepat di depan saya berdiri. bocor deh. Akhirnya saya lepas kamera dari tripod, jepret sekali, dan pindah lokasi lain.

 Saya bergeser agak ke sisi kiri halaman masjid agung, di area parkir mobil, dengan harapan bisa memotret full bangunan masjid ini. Tetapi apa daya, lensa saya kurang lebar, dan dengan sedikit frustasi saya jepret membabi buta setiap sudut masjid untuk “dijahit” kemudian di photoshop. Setelah jepret kurang lebih 30an frame, ternyata setting kamera saya tadi salah, sehingga warna langit birunya berbeda-beda, dan saya cukup malas untuk memotret ulang. Alhasil jahitan saya gagal.

 

Setidaknya, dari dua foto ancur di atas, cukup terlihat bagian luar masjid yang belum selesai pengerjaannya, terutama di menara-menara samping kubah utamanya.

Penasaran di bagian dalamnya, saya pun memutuskan untuk masuk ke dalam masjid dan mengambil beberapa jepretan.

Ada yang menarik perhatian saya, gagang pintu di setiap pintu-pintu yang ada berbentuk kujang, senjata tradisional masyarakat Sunda. Unik dan bagus sekali menurut saya.

 Di beberapa bagian jendela, terdapat ornamen-ornamen kaca jeruk yang menghiasi, yang terlihat indah saat terkena pantulan cahaya mentari dari luar.


Di bagian tengah masjid, di bawah kubah besar utama, terdapat lampu gantung besar yang bentuknya lagi-lagi sangat unik. Terkesan klasik dan berseni tinggi menurut saya yang tidak mengerti akan seni ini.
Saya memotret dari lantai dua masjid, yang mana di lantai ini masih terlihat tiang-tiang besi dan bambu yang masih digunakan untuk proses renovasi masjid ini.



Di bagian bawah, tampak membentang karpet merah tebal dan tampak utuh menutupi seluruh lantai dengan corak yang bagus. Di beberapa bagian karpet ini, terdapat corak logo-logo tertentu yang menurut saya adalah logo sponsor yang membantu proses pembangunan masjid ini. Saya tidak memotret logo-logo tersebut, anda dapat melihat sendiri nantinya. hehe

Terlepas dari selesai atau belumnya renovasi masjid agung kota Sukabumi ini, ternyata di lantai dasarnya sudah bisa digunakan untuk sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan agama lainnya. Semoga, saat selesai nanti, lantai-lantai di masjid ini akan penuh terisi oleh jemaah yang melakukan kegiatan-kegiatan agama Islam, baik yang wajib maupun shunah. Karena itulah menurut saya tujuan utama direnovasinya masjid agung kota Sukabumi ini.





  • Stumble This
  • Fav This With Technorati
  • Add To Del.icio.us
  • Digg This
  • Add To Facebook
  • Add To Yahoo

0 komentar:

Posting Komentar